Artificial Intelligence Pada Game (Pengantar Teknologi Game#)

Artificial
intelligence
Pengertian Kecerdasan Buatan
Kecerdasan
buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI)
didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan.
Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan
dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan
seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan
kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika
fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Sejarah Artificial Intelligence dalam Game
Pada tahun
1769, dataran Eropa dikejutkan dengan suatu permainan catur yang dapat menjawab
langkah-langkah permainan catur yang belum ditentukan terlebih dahulu. Mesin
ini disebut dengan Maelzel Chess Automationdan dibuat oleh Wolfgang
Von Kempelan (1734-1804) dari Hungaria. Akan tetapi mesin ini akhirnya
terbakar pada tahun 1854 di Philadelphia Amerika Serikat.banyak orang tidak
percaya akan kemampuan mesin tersebut. Dan seorang penulis dari Amerika
Serikat, Edgar Allan Poe (1809-1849) menulis sanggahan terhadap mesin
tersebut, dia dan kawan-kawannya ternyata benar, bahwa mesin tersebut adalah
tipuan, dan kenyataannya bukanlah aoutomation, tetapi merupakan konstruksi yang
sangat baik yang dikontrol oleh seorang pemain catur handal yang bersembunyi di
dalamnya.Usaha untuk membuat konstruksi mesin permainan terus dilanjutkan pada
tahun 1914, dan mesin yang pertama kali didemonstrasikan adalah mesin permainan
catur. Penemu mesin ini adalah Leonardo Torres Y Quevedo, direktur
dari Laboratorio de Automatica di Madrid, Spanyol. Beberapa tahun
kemudian, ide permainan catur dikembangkan dan diterapkan di komputer
oleh Arthur L. Samuel dari IBM dan dikembangkan lebih lanjut
oleh Claude Shannon.
Artificial
Intelligence pada Game
Perkembangan game saat
ini tidak lepas dari kecerdasan buatan (artificiall intelligence).
Kecerdasan buatan merupakan salah satu bagian dari ilmu komputer yang membuat
mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti manusia dan komputer
dimungkinkan untuk dapat berfikir.Berdasarkan perkembangan game yang
pesat pada masa ini, maka tidak dipungkiri bahwa dibutuhkan sesuatu yang
berbeda pada rule permainannya. Hal ini sangat berkaitan dengan
kecerdasan buatan (artificiall intelligence) yang diterapkan pada
game. Sebelumnya, sebuah sistem game, jika sudah dimainkan sampai tuntas oleh
seorang , maka ketika player yang sama memulai lagi permainan dari awal, maka rulepermainannya
akan sama. Namun, untuk saat ini sesuai dengan perkembangan game dan kecerdasan
buatan yang diterapkan, sistem dalam game sudah dapat belajar mengenali pola
permainan dari player dan ketika player tersebut memulai
permainan kembali, maka sistem ini akan menggunakan rule yang berbeda
untuk pemain yang sama ini, sehingga game menjadi lebih menarik dan menantang
untuk dimainkan. Nah, setelah kita membahas sedikit tentang apa itu AI
pada game, saya akan menunjukan beberapa contoh game yang
telah dimainkan atau mungkin masih kita mainnya sekarang ini. apalagi dulu
mungkin banyak yang tahu tentang game pacman, bomberman dan juga tic tac toe.
rasanya seperti nostalgia kemasa kecil dahulu yaa. sebagai contoh saya akan
menjelaskan beberapa game yang dibuat menggunakan AI, sebagai berikut.
Pengertian
Genre Game RPG,RTS,FPS,TPS,dan San box

Jenis game
ada banyak, ada game tembak-tembakan, ada game perang-perangan, dan masih
banyak lagi. Tapi apa ada nama lain untuk menggantikan tembak-tembakan atau
perang perangan? Sekarang saya akan membahas mengenai Pengertian Genre-genre Game.
- RTS (Real
Time Strategy)

Game ini biasanya bersifat turn based ataupun bisa
dimainkan secara bersamaan, identik dengan bermain melawan human intelegent
(manusia vs manusia) yang biasanya menggunakan LAN ataupun Internet. Game ini
bisa dikatakan game perang-perangan. Contoh game RTS adalah (DOTA, StarCraft,
Civilization).
- RPG (Role
Playing Game)

Game ini
memiliki unsur yang unik, karena biasanya tidak ada tamat dalam game seperti
ini (Kalaupun tamat, hanya ceritanya saja, dan kalian masih bisa leveling atau
grinding sesuka hati). Kalian akan menjalankan sebuah main character yang bisa
kalian costumize, mencari uang, membangun koneksi dengan NPC (non playable
player) dan sebagainya. Contoh dari game RPG adalah (KOA, Skyrim, The Witcher).
-FPS (First
Person Shooter)

FPS adalah
game Tembak-tembakan, pukul-pukulan, tusuk-tusukan yang menggunakan sudut
pandang orang pertama. Biasanya kita hanya bisa melihat tangan dari character
kita. Contoh game ini FPS adalah (Call of Duty, Counter Strike, Far Cry 3).
-TPS (Third
Person Shooter)

TPS sama
definisinya dengan FPS. Hanya saja sudut pandangnya yang berbeda. Di TPS kita
memakai sudut pandang orang ketiga. Kita bisa melihat keseluruhan character
dari belakang (punggung). Contoh game TPS adalah (Dark Souls, Dark Siders,
Assassins Creed).
- Sand Box

Game
yang
bersetting disuatu daerah, jadi kita bertualang pada suatu map yang
sudah
disediakan, dan kita bebas menjelajahinya tanpa harus loading ketika
berpindah
kesuatu daerah, biasanya game-game yang seperti ini game yang paling
banyak
peminatnya apalagi kita biasanya disuguhkan dengan "kebebasan"
didalam game seperti ini. Contoh game Sand Box (GTA, Saints Row,
Sleeping Dogs).itulah penjelasan atau pengertian singkat dan sebagai
contoh saya akan menjelaskan beberapa game yang menggunakan AI tersebut.
Worms Armageddon Review

Masih Ingetkah anda permainan worms
ini?
Sementara
permainan ini mungkin terlihat lucu, itu sebenarnya sebagai canggih dan
semenyenangkan permainan strategi terbaik di luar sana.oleh Greg Kasavin pada tanggal 26 Juli 1999.Makhluk-makhluk
tak bertulang dan sederhana yang membintangi Worms Armageddon melambangkan
permainan itu sendiri. Anda akan segera melihat cacing dalam permainan ini
tidak lemah karena mereka muncul dan sebaliknya lucu, mudah marah, dan jahat
pintar. Di sekitar waktu yang sama, Anda akan menemukan bahwa sementara
permainan ini mungkin terlihat lucu, bahkan sebagai canggih dan semenyenangkan
permainan strategi terbaik di luar sana. Itu juga sangat dipoles, mudah
dikustomisasi, dapat diakses oleh semua usia, dan sangat cocok untuk cepat
mantra dan sesi maraton yang sama.
Yang mengatakan, memang benar bahwa Worms Armageddon tidak semua yang
berbeda dari cacing 2. Meskipun mencakup kampanye pemain tunggal baru dan
terintegrasi bermain online, serta lebih dari selusin senjata baru dan gadget
untuk cacing untuk menggunakan, Armageddon terlihat, suara, dan memainkan
demikian pula untuk terakhir episode, yang berarti veteran seri mengharapkan
sesuatu yang sama sekali baru tidak akan menemukan apa yang mereka cari. Dan
orang lain akan berharap Worms Armageddon ditawarkan bahkan lebih, jika hanya
karena itu sebagai baik sebagai.
Worms Armageddon mudah untuk bermain dan kontrol, dua faktor yang sangat
berkontribusi pada kesuksesan permainan. Pertempuran khas lubang tim cacing
terhadap satu sama lain, penuh kasih semua secara acak interspersed seluruh
semacam berlebihan lanskap, mulai dari tempat pembuangan ke tumpukan buku. Anda
bergiliran dengan lawan, beringsut pasukan Anda ke posisi satu per satu dan
menembak pada musuh cacing dengan gudang senjata, dari tradisional (granat,
senapan) untuk darurat (bisbol, obor) untuk tidak lazim (meledak wanita tua,
sigung). Cacing-cacing bahkan tahu beberapa seni bela diri yang terkenal
bergerak untuk mengukur baik. Kebanyakan cacing senjata absurd dan lucu, dan
efektif melayani fungsi tertentu. Tetapi karena banyak tumpang tindih dalam
fungsi, Anda dapat selektif dan kreatif dengan Anda gudang, daripada merasa
dibatasi oleh itu. Anda akan menyaksikan peristiwa-peristiwa yang terjadi
sebagai duel cacing kematian melalui pandangan sisi permainan platform 2D
tradisional, pinjaman Worms Armageddon penampilan mudah didekati jika secara
sederhana.
Jadi walaupun itu mungkin tampak seolah-olah itu satu cacing di sana hanya
dipecat bazooka di musuhnya di layar, bertujuan yang ditembak adalah sesuatu
tapi sepele. Cacing, tidak seperti pegolf, perlu mengambil mempertimbangkan
unsur-unsur seperti lintasan, arah angin, dan kekuatan, dan meskipun menembak
hanya melibatkan tombol panah dan spasi, memukul target tidak akan cukup begitu
sederhana. Bahkan tampaknya aman senjata, seperti Menembakan peluru dan
serangan napalm, memerlukan keterampilan dan untuk digunakan secara efektif.
What's lebih, serangan ledakan, seperti yang bazooka, menguapkan daerah di
sekitar daerah yang ditargetkan, kemungkinan menyebabkan cacing di sekitarnya
untuk melemparkan tentang. Hal ini sering untuk keuntungan Anda untuk mencoba
untuk menghancurkan bumi dari bawah kaki musuhmu daripada menargetkan mereka
secara langsung, dalam upaya untuk mengirim mereka menuruni ke dalam air di
bawah ini, karena cacing tidak bisa berenang.
Permainan Fisika canggih dan kerusakan pemodelan, hasil dari serangan Anda
akan sering membuktikan mengejutkan tidak peduli seberapa akurat Anda pikir
Anda. Karena peta cenderung akan berserakan dengan bahan peledak, dan
cacing-cacing diri meledak saat mereka mati, seringkali hasil pemogokan sukses
apa-apa tapi diprediksi sebagai reaksi berantai yang luar biasa terjadi
kemudian. Kekacauan ini dikontrol ketat, bersama dengan sistem penargetan yang
tepat dan masuk akal fisika, juga penting untuk keberhasilan permainan ini. Dan
replay instan otomatis pada terutama dipercaya rantai peristiwa adalah sentuhan
yang bagus.
Besar grafis dan suara tidak menyakiti, baik. Worms Armageddon mencakup
berbagai latar-belakang yang indah dan nyata, yang meminjamkan sebagian
pertempuran setiap tantangan tersendiri, karena lanskap ini secara acak yang
dihasilkan setiap kali tampaknya tak berujung. Cacing sendiri animasi indah,
dan mengartikulasikan ekspresi dan aneh gudang mereka membuat beberapa karakter
permainan komputer paling menawan dalam waktu yang lama. Sementara itu, efek
khusus seperti api dan ledakan semua terlihat sama-sama baik, pinjaman
permainan penampilan sempurna konsisten dan selalu cerah dan menarik.
Efek suara yang menonjolkan tembak-menembak, sementara agak berulang-ulang,
sebagai over-the-top dan lucu sebagai grafis, sementara soundtrack militeristik
agak sangat megah meningkatkan permainan situsnya setengah-keseriusan. Lebih
luar biasa masih adalah sejauh mana Anda dapat menyesuaikan cacing: sebagai
holdover dari pendahulunya, Worms Armageddon termasuk lusinan setelah puluhan
suara skema untuk orang-orang kecil, sebagian besar yang adalah jeritan bernada
tinggi, marah. Anda dapat membuat cacing berbicara bahasa Rusia, bahasa Yunani,
Afrikaans, sekitar selusin dialek dari bahasa Inggris, Perancis, Spanyol,
Jerman, Anda nama itu. Atau Anda dapat mengimpor efek suara Anda sendiri, sama
seperti Anda juga bisa memilih lagu kebangsaan tim, lambang, tombstone, dan
menyesuaikan hal-hal lain tentang tim Anda, memberikan gaya unik yang akan
membedakan Anda diantara rekan-rekan Anda di pertandingan multiplayer
melelahkan.
Fitur kustom tepat menyarankan bahwa Worms Armageddon cocok sempurna untuk
multiplayer kompetisi. Server bermain Worms.net Internet terintegrasi (meskipun
tidak ideal cepat atau dapat diandalkan di semua jam denga) memungkinkan Anda
dengan mudah bergabung permainan dengan saingan cacing komandan dari di seluruh
dunia, dan server bahkan mempertahankan peringkat Anda dan status berdasarkan
menang dan kerugian. Karena pertempuran sangat dapat dikustomisasi, sedemikian
rupa sehingga mulai kondisi kesehatan dan amunisi dapat disesuaikan dengan
mudah, Anda dapat bergabung permainan yang menekankan gaya permainan yang Anda
suka, baik mendukung persenjataan massa-merusak atau lebih strategis. Di antara
multiplayer sesi, Anda bisa bermain melawan komputer dalam pertandingan cepat
atau deathmatch pertempuran yang menjadi semakin lebih menantang, sama seperti
Anda dapat mempelajari tali melalui nyaman jika agak sulit pelatihan modus,
kemudian menerapkan mereka dalam kampanye pemain tunggal. Misi kampanye, yang
harus dimainkan melalui linear, sebagian besar berorientasi teka-teki dan ingat
Lemmings klasik Psygnosis' bahwa mereka cenderung untuk memaksa Anda untuk
membuat tepat penggunaan persediaan terbatas alat untuk mencapai tujuan Anda.
Unsur-unsur teka-teki misi ini seringkali membuktikan frustasi, karena banyak
dari misi-misi sangat sulit, dan sementara kampanye menyediakan pengalihan
menyenangkan dari seluruh permainan, itu tidak benar-benar mengangkat sendiri,
atau apakah itu tampaknya dimaksudkan untuk melakukannya.
Demikian juga, meskipun lawan komputer realistis keliru kecuali pada
tingkat keterampilan tertinggi, ia cenderung untuk mengabaikan senjata lebih
jelas atau canggih yang tersedia, beralih ke bahan peledak duniawi sembilan
kali dari sepuluh. Untuk alasan itu saja, komputer tidak pernah berharap untuk
memberikan semacam unik persaingan yang praktis dijamin dengan bahkan paling
berpengalaman manusia lawan, kelemahan dan kebodohan dalam pertempuran yang
kemungkinan akan sebanding dengan harga masuk jika dia tidak cukup baik untuk
melawan kembali dengan sungguh-sungguh.
Hal ini terlalu buruk bahwa lawan komputer tidak membuat penuh penggunaan
gudang penuh, dan ketika Anda bermain Harmagedon lebih dan lebih, selalu Anda
akan juga ingin permainan telah lebih senjata, bahkan keragaman lebih dalam
grafis dan suara, dan bahkan lebih dari hampir semua. Ada salah lagi bahwa
Worms Armageddon sangat dipoles dan benar-benar selesai, dengan jauh lebih
banyak fitur dan berbagai dan pilihan daripada hampir semua game lain di luar
sana.Namun demikian,rancangan dan eksekusi yang begitu besar dan begitu terbuka
bahwa anda akan tahu,bahkan ketika anda log lebih jam dengan permainan,bahwa
anda tidak bisa memiliki terlalu banyak hal yang baik.
FPS (First
Person Shooter)
Far Cry 3: Blood Dragon

Tahun ini,
tepatnya 1 Mei lalu, pe-ngembang Far Cry merilis game terbarunya yang berjudul
Far Cry 3: Blood Dragon. Awalnya, CHIP berpikir game ini merupakan lanjutan
dari Far Cry 3 yang berupa ekspansi. CHIP pun segera memainkannya. Ternyata,
Blood Dragon adalah sebuah game stand alone yang tidak ada hubungannya dengan
kisah Jason Brody, karakter utama di Far Cry 3.
Jalan cerita
Far Cry 3: Blood Dragon membawa pemainnya masuk ke pemikiran orang-orang di
tahun 80-an. Pada saat itu, banyak orang memprediksi bahwa pada tahun 2007,
manusia akan memasuki zaman digital dengan hadirnya Cyborg yang tidak lain
merupakan hasil transplantasi instrumen robot ke dalam tubuh manusia. Kehadiran
Cyborg merupakan sebuah teknologi yang lumrah dan akan dimanfaatkan untuk
menjadi pasukan di garis depan angkatan bersenjata sebuah negara. Anda sebagai
pemain dalam game ini berperan sebagai Sersan Rex Power Colt, salah satu dari
Mark IV Cyber-commando di garda terdepan angkatan bersenjata Amerika Serikat.
Tugas Anda
adalah mengalahkan Omega, pemimpin Sloan. Begitu memulai permainan, Anda akan
melihat Rex yang marah karena tidak bisa melakukan aksi heroiknya. AI di
tutorial ini akan membatasi gerakan Rex, seperti menggerakkan mouse, menekan
tombol [ASDW], atau [Spasi] hingga ia selesai mengikuti semua perintahnya. Hal
ini juga ditunjukkan dengan gaya bicara Rex yang mencemooh AI dan pimpinannya
yang ternyata sengaja memasang AI ini pada dirinya.

Mobil Jeep yang Anda kendarai serta pemandangan alam
sekitar sangat mirip dengan yang ada di Far Cry 3
Setelah
menyelesaikan misi pertama, Anda bisa langsung membuka peta yang di sediakan
dengan menekan tombol [M]. Sayangnya, peta yang tersedia di dalam game ini
tidak berbeda jauh dengan peta yang terdapat pada Far Cry 3. Semua elemen yang
ada, seperti pegunungan dan lembah dengan jalanan yang terlihat sudah rusak,
rerumputan, serta pantai terlihat sangat mirip. Tidak hanya itu, kendaraan
seperti mobil jip, glider, dan jetski, serta berbagai hewan liar yang
sebelumnya pernah muncul di Far Cry 3, juga ditampilkan kembali dalam game ini.
Namun, Anda
akan menemukan satu hewan liar yang belum pernah ada di game sebelumnya, yaitu
Blood Dragon. Hewan ini seperti kadal raksasa yang memiliki daya penglihatan
sangat rendah namun dapat mengejar mangsanya melalui suara langkah kaki
mangsanya. Uniknya, Blood Dragon ini memiliki kemampuan berubah warna seperti
bunglon. Perubahan warna pada Blood Dragon menunjukkan tingkat kewaspadaannya.
Jika kadal raksasa ini tidak dalam kondisi terancam, tubuhnya akan berwarna
hijau.

Penampakan Blood Dragon yang terdapat di dalam game
ini. Kadal raksasa ini bisa berubah warna untuk menunjukkan tingkat
kewaspadaannya
Jika di
sekitarnya ada makluk hidup yang akan menjadi santapannya, ia akan berubah
menjadi kuning dan segera menjadi merah jika menemukan jejak mangsanya.
Menariknya, Rex pemeran utama dalam game ini dilengkapi dengan alat yang
bernama Blood Dragon Awareness Detector pada lengan kirinya. Alat ini berguna
untuk mendeteksi tingkat kewaspadaan Blood Dragon.
Dalam game
ini, tidak ada menara pemancar radio seperti pada Far Cry 3. Rex hanya perlu
menguasai markas Omega yang tersebar di berbagai tempat untuk menghilangkan
otoritas kontrol Omega terhadap wilayah sekitarnya. Selain itu, Skill Tree juga
dihilangkan dalam game ini. Setiap kali Rex mendapatkan experience yang cukup,
kemampuannya akan meningkat hingga level 30. Level tersebut secara otomatis
membuka kemampuan tambahan lainnya seperti Special Takedown. Feature untuk memodifikasi
senjata juga terbatas. Rex hanya bisa memasang alat tambahan seperti silencer.
Modifikasi senjata lainnya dapat dilakukan pada weapon store.
Far Cry 3:
Blood Dragon telah mampu membawa pemainnya untuk bernostalgia dengan aksi
superhero futuristik di tahun 80-an
RPG (Role
Playing Game)
Skyrim
Bila ada
satu hal yang paling dibanggakan dalam seri game The Elder Scrolls, itu adalah
konsistensinya dalam menciptakan dunia beserta segala aspeknya. Tradisi yang
selalu dipegang erat Bethesda selaku pengembangnya ini tidak hanya terkait pada
nama daerah dan ras yang ada di dalamnya saja. Ternyata, Anda juga dapat
menemukan legenda, cerita rakyat, dan pengetahuan yang rumit dalam Tamriel,
nama dunia dalam The Elder Scrolls. Begitu juga dengan Skyrim, yang merupakan
nama daerah yang didiami ras Nord yang mirip bangsa Viking di dunia asli.



Gameplay
Petualangan Anda dimulai dengan tradisi The Elder Scrolls, pembuatan
karakter! Anda dapat memilih banyak aspek dalam pembuatan karakter tersebut,
seperti pemilihan jenis kelamin, fitur tubuh, ras, warna kulit, hingga bentuk
wajah. Wajah yang dapat Anda buat pada dasarnya berawal dari beberapa template
yang telah disediakan. Kemudian, Anda dapat mengubah beragam fiturnya, mulai
dari ukuran mata, lebar rahang, bentuk hidung, hingga umur karakter! Jadi, Anda
dapat membuat wajah karakter yang cocok dengan selera!
Hal lain yang tidak kalah pentingnya dalam pembuatan karakter ini adalah
pemilihan ras. Anda dapat menemukan 10 ras dengan kemampuan yang berbeda dalam
Skyrim. Pemilihan ini tentu saja sangat penting untuk menentukan gaya permainan
Anda nantinya. Satu hal yang perlu Anda ketahui dari awal; Skyrim tidak mematok
pemainnya untuk memilih kelas yang telah ditentukan seperti game RPG lain.
Malahan, Anda akan diberikan kebebasan untuk membentuk kemampuan karakter Anda
berdasarkan sistem perkembangan karakter yang unik.
Kembali ke pemilihan ras, pada dasarnya gaya bermain Anda akan dibagi
menjadi tiga, yaitu petarung jarak dekat, jarak jauh, dan pengguna sihir. Bila
Anda ingin menggunakan gaya bertarung jarak dekat, pilihlah ras yang
mendukungnya, seperti Red Guard dengan ketahanan tubuh yang mantap, Orc yang
mampu menggunakan Heavy Armor dengan baik, dan Nord yang ahli dalam menggunakan
senjata. Pemilihan tersebut merupakan segelintir dari pembentukan karakter di
Skyrim. Anda juga dapat membuat karakter dengan gaya bermain hybrid, seperti
petarung jarak dekat yang memiliki kemampuan penyembuhan, ahli sneaking yang
menyerang musuhnya dengan sihir ilusi dan membuat musuh saling membunuh, serta
penyihir jarak dekat dengan dukungan armor tebal. Anda bebas menjadi apapun!
Tidak ada batasan!
Beralih dari pembuatan karakter, Skyrim merupakan game action RPG bertema
medieval dengan kamera orang pertama (First Person) dan ketiga (Third Person).
Anda dapat mengubah kamera dengan mudah antara keduanya di tengah permainan
menggunakan mousewheel. Bila Anda ingin lebih merasakan pertempuran dari dekat,
maka kamera FPS adalah pilihan yang mantap. Namun, kamera orang ketiga juga
memiliki keuntungannya sendiri, terutama ketika berada di daerah terbuka. Anda
dapat melihat lebih mudah daerah sekeliling untuk menemukan ancaman dan
rahasia.

Beragam aktivitas dapat Anda lakukan, seperti membuat armor dan senjata
sendiri
Game ini bukan hanya mengadaptasi kamera yang mirip FPS saja. Konsep
pengendalian karakter pada Skyrim juga mirip FPS. Penggunaan tombol WASD untuk
gerakan karakter serta mouse untuk menyerang dan membidik juga khas FPS. Metode
ini memang telah lama diadopsi seri game The Elder Scrolls dan hal ini pula
yang membuat gamer baru cepat akrab dengan pengendaliannya. Penggunaan skill
dan item juga dipermudah dengan sistem “favorite”. Sistem ini memberikan Anda
kebebasan untuk memilih item, sihir, skill, dan perlengkapan yang dapat
digunakan dengan cepat. Jadi, Anda tidak perlu lagi membuka layar inventori dan
memilih item mana yang akan digunakan. Cukup tag menjadi favorite, tekan tombol
angka ( 1 hingga 8 ) di opsi quick inventory (biasanya dengan menekan Q), dan
tekan tombol itu untuk menggunakannya di dalam permainan.
Dunia Skyrim yang luas dan bebas tidak memberikan batasan moral yang harus
Anda ikuti, seperti affinity good dan evil di game RPG lain. Kebaikan dan
kejahatan Anda hanya terbalaskan di lingkungan tempat Anda melakukannya. Jika
Anda melakukan perbuatan baik di sebuah kota, maka Anda akan dikenal sebagai
orang baik di sana. Sebaliknya, bila Anda berbuat jahat, seperti membunuh dan
mencuri, maka kepala Anda akan diberikan harga atau Bounty di kota tersebut.
Bukan tidak mungkin penduduk di kota tersebut akan memburu Anda! Kecuali tentu
saja bila tidak ada saksi ketika Anda melakukan kejahatan tersebut! Satu hal
yang perlu Anda ingat, semua orang dapat dilawan di Skyrim dan semua benda
dapat diambil! Termasuk melawan penjaga toko dan raja sekalipun.

Efek lingkungan yang indah akan membuat Anda betah bermain
Kebebasan Membentuk Karakter!
Kebebasan dalam Skyrim merupakan fitur utama yang paling menarik! Begitu
juga dengan menentukan kemampuan karakter yang Anda mainkan! Untuk
mengembangkan skill yang Anda inginkan, cukup lakukan kegiatan yang berhubungan
dengan skill tersebut. Misalnya, Anda ingin memperkuat kemampuan bertarung
dengan satu tangan. Kembangkan dengan cara memukul musuh dengan menggunakan
senjata satu tangan, seperti pedang dan pisau! Semakin banyak musuh yang Anda
pukul dengan cara ini, level skill yang berhubungan dengannya juga akan
meningkat. Bukan hanya senjata saja. Anda juga dapat meningkatkan kemampuan
sihir dengan cara yang sama. Begitu pula dengan kemampuan menggunakan Armor.
Semakin sering Anda terkena serangan ketika menggunakan jenis armor tertentu,
misalnya Light Armor, maka level skillnya akan meningkat.

Jangan sampai Anda terjebak di dalam semburan api naga!
Jenis skill pada Skyrim bukan hanya terbatas pada yang berhubungan dengan
pertarungan saja. Anda dapat menemukan skill yang berhubungan dengan pembuatan
Armor, kemampuan berbicara (untuk memengaruhi orang dan membuat harga di toko
lebih bersahabat), mencuri dari tas orang lain, membuka kunci, dan membuat
benda sihir melalui Enchantment. Semua skill non-combat tersebut dapat
ditingkatkan dengan cara yang sama, yaitu menjalankan aktivitas yang
berhubungan dengannya.
Peningkatan level skill tersebut nantinya akan berpengaruh pada kekuatan
skill dan level karakter. Berbeda dengan level skill, level karakter akan
meningkat seiring bertambahnya level skill secara keseluruhan. Semakin banyak
level skill yang Anda dapatkan, indikator nilai pengalaman pada level karakter
akan bertambah. Setelah mencapai jumlah tertentu, level karakter akan naik dan
Anda dapat meningkatkan salah satu dari Health, Stamina, dan Magicka. Health
berguna untuk tingkat ketahanan tubuh Anda. Bila Health habis dalam
pertempuran, maka Anda akan mati. Stamina berguna untuk melancarkan serangan
fisik spesial yang lebih kuat dan berlari. Kemudian, Magicka berguna untuk
mengeluarkan segala jenis sihir. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan poin
berharga bernama Perks.

Pertempuran dengan kamera FPS begitu seru!
Menjelajahi Dunia Skyrim
Skyrim menawarkan begitu banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan. Mulai
dari banyaknya quest tambahan yang ditawarkan hingga menemukan beragam daerah
baru dengan banyak imbalan (dan bahaya) di dalamnya. Bahkan, bila dibandingkan
dengan menjalankan quest utamanya, menjelajahi dunia Skyrim jauh lebih menarik
untuk dilakukan. Perasaan ketika Anda menemukan senjata baru yang keren,
jebakan yang dapat membuat Anda kelabakan, hingga musuh yang menantang
kemampuan Anda adalah hal yang paling mengesankan di game ini. Dunia Skyrim
yang dinamis juga menjadi alasan utama betahnya gamer untuk terus bermain.

Temukan semua Word of Power untuk menjadi Dragonborn sejati!
Apa yang dimaksud dengan dunia yang dinamis? Dunia Skyrim selalu berubah?
Ya, kehidupan dalam Skyrim berjalan dengan sendirinya dan mereka memiliki
aktivitasnya sendiri! Kami telah mencoba memainkan Skyrim dengan menggunakan
lima karakter yang berbeda dan semuanya menemui pengalaman bermain yang
berbeda! Pengembara yang tadinya Anda temukan di dekat kota ternyata tidak ada
di sana lagi. Begitu juga dengan quest tambahan yang dapat diambil dari
karakter (NPC) lain. Dinamisnya dunia Skyrim juga diperlihatkan dengan semua
benda yang Anda temukan. Senjata kuat yang pada karakter sebelumnya Anda
temukan di sebuah peti akan berubah menjadi benda lain ketika menggunakan
karakter lain.
Beragam puzzle dan jebakan mematikan dapat Anda temukan di dalam dungeon
Untungnya Anda tidak menjelajah dengan buta di dunia Skyrim. Daerah dan
Dungeon baru yang belum Anda temukan akan terlihat lambangnya di kompas yang
terdapat di bagian atas layar permainan. Jadi, Anda cukup mengikuti arahnya
hingga Anda menemukannya. Untuk lebih memudahkan perjalanan Anda di dunia
Skyrim yang begitu luas, fitur Fast Travel dapat Anda temukan di layar peta.
Cukup pilih tempat yang telah Anda kunjungi sebelumnya dan Anda akan langsung
sampai ke sana. Anda hanya akan kehilangan waktu tempuhnya saja.
Kesimpulan
Menurut pendapat saya,AI di dalam game itu sangat membatu dalam
memainkan game dengan genre-genre game yang kalian sukai entah
RPG,RTS,FPT,TPS dan lainnya, AI juga dapat membantu kita mengasah
kemampuan atau skill kita lebih jauh lagi untuk melampaui AI itu
sendiri, AI pun juga punya tingkatan level dan semakin lama juga semakin
kuat dan disitulah terdapat kegunaan AI dalam teknologi game sangat
membantu.Yang pertama AI dapat menjadi lawan yang cukup kuat karna AI
ada tingkatan level nya semakin lama AI semakin kuat,yang kedua AI juga
dapat membuat kita berfikir lebih keras bagaimana cara untuk
mengalahkannya dan juga menyelesaikan permainan dalam game tersebut,dan
di situ juga kita Tidak perlu repot-repot mencari partner bermain bila
tidak ada partner bermain yang ada contohnya bermain dota 1 dengan mode
(AI-Mode) dan ada tingakatannya easy,medium,hard tinggal ktia memilih
saja.
Saran
Untuk
anda para pecinta gamers,bila Anda
masih peduli dengan kehidupan sosial dan masih ingin menikmati waktu
tidur yang
cukup, saya sarankan bermainlah dengan secukupnya jangan sampai menggagu
aktifitas anda baik dalam kehidupan sosial anda,pekerjaan anda dan
maupun yang masih sekolah aturlah porsi bermain game anda dengan baik
dan manfaatkan lah waktu anda dengan sebaik baiknya untuk hal yang lebih
berguna atau membantu dalam kehidupan sosial anda makadari itu . Namun,
dengan begitu Anda baru
saja kehilangan satu momen terbaik dalam hidup Anda!
Sumber:
https://dachun91.files.wordpress.com/2012/10/ai.gif
https://setiyanugroho.wordpress.com/2011/04/12/kecerdasan-buatan-dalam-game/
http://www.gamespot.com/worms-armageddon/images/
http://www.chip.co.id/review/games/7552/far_cry_3_blood_dragon_bukan_sekuel_far_cry_3
http://jagatplay.com/2011/11/pc-2/review-the-elder-scrolls-v-skyrim-lebih-dari-sekedar-rpg-its-a-life/
http://knowledgeover.blogspot.co.id/2014/09/pengertian-genre-game-terkenal-rpg-fps.html
0 komentar: